Globalisasi Bisnis dan SDM

Dalam sebuah lingkungan dimana angkatan kerja tetus berubah, hukum berubah,dan kebutuhan-kebutuhan dari pemberi kerja juga berubah, manajemen SDM harus terus berubah dan berkembang. Hal ini sangat benar ketika manajemen beroprasi secara global.

Ada beberapa pengaruh yang secara bersamaan telah menyebabkan peningkatan perdagangan dunia yaitu :

· Perubahan populasi global

· Ketergantungan ekonomi global

· Aliansi daerah

· Komunikasi global

B. Jenis-Jenis Organisasi Global

Untuk mengembangkan lebih banyak operasi global di satu negara, sebuah organisasi dapat melewati tiga tahap ketika mereka memperluas operasi mereka keseluruh dunia yaitu:

· Impor dan ekspor yaitu menjual dan membeli barang dan jasa dengan organisasi-organisasi di negara-negara lain.

· Perusahaan multinasional, adalah sebuah perusahaan dimana sebuah organisasi memiliki unit operasi yang berlokasi di negara-negara asing. Biasanya unit-unit ini menyediakan barang dan jasa untuk area-area geografis yang mengelilingi negara-negara tersebut diamana terdapat daerah operasional.

· Organiasasi global, adalah sebuah organisasi yang memiliki unit-unit perusahan di beberapa negara yang digabungkan menjadi satu untuk beroperasi di seluruh dunia.

C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi MSDM Global

Menjalankan bisnis secara global membutuhkan pertimbangan empat faktor umum yaitu :

· Faktor hukum dan politik, di berbagai negara, sistem hukum berbeda dalam hal sifat dan stabilitas, dengan perjanjian bisnis yang terkadang menjadi tidak dapat dilaksanakan karena faktor-faktor politik internal. Perusahaan internasional mungkin akan harus memutuskan secara strategis kapan harus tunduk pada hukum dan peraturan negara tuan rumah dan kapan harus mengabaikannya karena alasan-alasan operasional atau politik.

· Faktor ekonomi

· Faktor budaya. Di setiap negara pasti memiliki nilai-nilai, keyakinan, dan tindakan yang berbeda, maka adabeberapa dimensi yang digunakan untuk mengklasifikasikan dan membandingkan kebudayaan, dimensi tersebut :

1. Jarak kekuasaan

2. Individualisme

3. Maskulinitas/feminitas

4. Penghindaran ketidak pastian

5. Orientasi jangka panjang

D. Jenis Karyawan Global.

Karyawan internasional biasanya dikelompokan menjadi tiga golongan yaitu:

1. Ekspatriat. Adalah seorang karyawan, yang bekerja dalam sebuah koperasi, yang bukan merupakan warga yang berasal dari negara dimanaoperasi tersebut ditempatkan, tetapi karyawn tersxebut merupakan seorang wargayang berasal dari negara dimana kantor pusat organisasi bertempat.

2. Warga dari negara tuan rumah. Seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan dalam sebuah operasiyang merupakan seorang warga dari negara dimana operasi tersebut ditempatkan, tetapi kantor pusat perusahaan tersebut berada di negara lain

3. Warga dari negara ketiga. Adalah seorang warga dari satu negara, yang bekerja di negara kedua, dan dipekerjakan oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat dinegara ketiga

E. Menejemen Penugasan Global.

Ada dua tahap utama dalam siklus manajemen penugasn global yaitu :

· Ekspatriasi. Yaitu menyiapkan dan mengirimkan karywan-karywan globaluntuk melaksanakan tugas-tugas luar negeri mereka.

· Repatriasi. Perencanaan, pelatihan, dan penegasan ulang karyawan global negara asal mereka.